Menulis Buku Cerita Digital

 


Malam ini, pak Dail Ma'ruf, M.Pd. sebagai moderator yang mendampingi bunda Nur Dwi Yanti, S.Pd. (bu NDY) selaku narasumber yang akan memberikan materi pelatihan tentang Menulis Buku Cerita Digital. Bu NDY kelahiran Bandung, 30 Mei 1974 yang sekarang bertugas di SDN Muncul 03 Kota Tanggerang Selatan.

https://sites.google.com/guru.sd.belajar.id/nurdwiyanti/profil

Bu NDY mengarahkan para peserta pelatihan untuk mengakses aplikasi quizizz. https://quizizz.com/join?gc=125351

Beliau menyampaikan materi sambil langsung praktik.

Kemudian memulai dengan penjelasan mengenai pengertian buku digital:


Bu NDY menjelaskan bahwa Buku Digital adalah salah satu jenis buku atau bacaan yang hadir dalam bentuk softcopy atau elektronik yang kemudian bisa dibaca menggunakan perangkat digital baik itu smartphone maupun komputer (PC dan laptop).

Beliau juga mengungkapkan bahwa konsepnya seperti menulis buku cetak biasa, lalu dikonversi ke dalam beberapa bentuk aplikasi, dilengkapi dengan gambar dan suara. 

Kemudian dilanjutkan dengan fungsi dan tujuan buku digital: 


Bu NDY menambahkan informasi, bahwa kelebihan dari buku digital adalah informasi tidak mudah hilang atau rusak. Berbeda dengan buku berbasis kertas. Jika tidak terawat dengan baik, maka dalam kurun waktu tertentu akan rusak. Baik itu dimakan rayap, kena air, atau bahkan terbakar. 

Berikut adalah jenis-jenis buku digital:


Jenis format buku digital yang sudah umum dan mungkin kitapun pernah menggunakannya adalah EPUB, MOBI, PDB, PDF, dan KFF.

Aplikasi-aplikasi seperti power point, MS Office, Canva, Powtoon untuk menampilkan suatu konten termasuk kriteria buku digital.  Aplikasi tersebut dapat dikolaborasikan dengan aplikasi pendukung seperti untuk gambar dapat menggunakan adobe photoshop, ibis paint, madibank, video editor, serta aplikasi yang lainnya. 

Materi berikutnya mengenai aplikasi dan buku digital berbasis web.

Bu NDY melanjutkan materi aplikasi pemformatan buku digital. Serta memberi contoh buku cerita digital karya beliau yang sudah memiliki haki.


Demikian materi yang disuguhkan malam ini.  Terima kasih bu NDY dan terima kasih juga untuk rekan peserta, bu Eka yang sudah membantu dan menyupport aku untuk menyelesaikan tugas resume.

Salam Literasi!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senangnya Menulis Pantun

Menulis Buku Nonfiksi. Sulit Ngga Ya?

Melejitkan Prestasi Dengan Menulis