Membuat Cover Buku Yang Menarik


 

Paparan yang disampaikan oleh narasumber kali ini (bapak Fajar Tri Laksono, M.Pd.) ditemani oleh moderator (bunda Lely Suryani, S.Pd.SD) adalah tentang Membuat Cover Buku Yang Menarik.

Berikut ulasannya..

Dimulai dengan design cover buku, ada lisensi komersial dan ada market place yang bisa dijadikan langganan.  Contohnya Freepik, sebagai premium member di salah satu market place.  Bagaimana caranya?  Cover buku bisa diambil di sini tanpa pelanggaran asalkan dapat menggunakan market place ini.  Sebagai guru tidak perlu membayar, yang harganya Rp 1.500.000/tahun.  Lisensi sebagai komersial use, berupa karya-karya yang dapat dijual dan tanpa pelanggaran lisensi.

Cover yang diterima dari penerbit harus dipastikan tidak melanggar hak cipta apapun dan harus jelas lisensinya.  Kita harus berhati-hati karena toko buku akan memajang cover kita.  Yang dilihat oleh calon pembeli pertama kali adalah cover buku.  Ada baiknya mengeluarkan biaya sedikit di dunia perbukuan daripada terjadi pelanggaran lisensi.

Selanjutnya narasumber menampilkan contoh cover buku.  Terkait fontnya ada yang berbayar dan ada yang free.  Jika ingin font yang tidak umum, dapat kita beli di market place.  Pemilihan font ini sangat mendukung tema buku yang akan dibuat.  Kesesuaian font dapat disatupadukan dengan latar belakang yang ada.  Logo penerbit dan nama penulis akan lebih apik disajikan di sini.

Jumlah font yang ada di laptop narasumber sudah lebih banyak dan tidak standar karena beliau sebagai desainer.  Font berbayar tentu lebih keren dan ciamik.

Ada 3 yaitu corel draw sebagai eksekusi akhir, photoshop, dan satu lagi adalah software yang digunakan untuk mendesain poster maupun cover buku.  Serta memadukan unsur emosi yang bisa menambah hidupnya cover buku.  Tentu ada proses panjang untuk menjadi desainer buku.

Desain cover buku bisa dipesan ke pak Fajar.  Lebih detail informasi yang diberikan akan mengurangi potensi revisi.  Deskripsikan secara jelas agar membantu beliau dalam menyiapkan cover bukunya.

Untuk membuat cover buku perlu memberikan sinopsis, tidak mesti membaca isi bukunya.  Hal ini penting setelah kita memberikan brief desain yang detail kepada desainer.

Apa itu brief desain? yaitu panduan tertulis untuk sebuah proyek desain yang dikembangkan bersama oleh desainer dan pihak ketiga.  Panduan ini menjadi cetak biru yang diinginkan dari sebuah desain.

Beberapa tips umum tentang cara membuat cover buku yang menarik:

1. Tentukan tema atau pesan yang ingin disampaikan melalui buku kita.

2. Gunakan font yang mudah dibaca dan sesuai dengan tema.

3. Pilih warna yang menarik dan relevan dengan isi buku.

4. Gunakan gambar atau ilustrasi yang berkaitan dengan isi buku.

5. Pertimbangkan ukuran dan tata letak yang tepat untuk cover buku.

6. Pastikan cover buku kita mencerminkan isi buku dan menarik minat calon pembaca.


Jika ingin mendapatkan cover buku yang ok dan aman..pak Fajar adalah orang yang tepat untuk kita hubungi. 

Demikian resume singkat ini.  Semoga bermanfaat.

Terima kasih bapak narasumber kami.

Salam literasi!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senangnya Menulis Pantun

Menulis Buku Nonfiksi. Sulit Ngga Ya?

Melejitkan Prestasi Dengan Menulis