Mudahnya Berbicara Lewat Tulisan

 


Judul               : Mudahnya Berbicara Lewat Tulisan

Resume Ke      : 9

Gelombang      : 28

Tanggal            : 27 Januari 2023

Tema                : Menulis Itu Mudah

Narasumber      : Prof. Dr. Ngainun Naim

Moderator         : Lely Suryani, S.Pd.SD


Ngantuk.  Satu kata mewakili perasaan saya saat ini.  Piket pagi di sekolah sampai menjelang jum'atan, jeda sebentar lanjut mengajar hingga jam 14.30.  Kemudian meluncur ke ponpes anak bungsu untuk jemput jadwal perpulangannya setiap dua pekan.  Sampai rumah melanjutkan pekerjaan yang sempat tertunda dengan diselingi obrolan ringan dengan anak sulung dan si bungsu.   

Kurang lebih jam 17.00 suami pulang.  Saya dan suami duduk santai di teras.  Sambil menyeruput air dan menyantap makanan yang disediakan, beliau mengajak saya berbicara seputar kegiatan hari ini dan menanyakan kabar anak-anak.  Tidak terasa sudah maghrib saja.  Segera saya buka laptop dan melihat whatsapp grup KBMN 28.  Hmm..sudah pertemuan ke-9 malam ini.  

Menulis Itu Mudah.  Tema yang sangat menarik.  Saya tuh kalau membaca kata Mudah seakan otak ini langsung mikir yang mudah-mudah, ngga njelimet.  Bu Lely Suryani, S.Pd.SD sebagai moderator yang mendampingi Prof. Dr. Ngainun Naim selaku pemateri yang keren banget deh.  Prof mengatakan bahwa pengalaman sehari-hari itu bisa menjadi sumber tulisan yang subur.  Tulis saja apa yang terjadi, anggap sedang berbicara atau bercerita.  Tidak usah takut salah.  Iya juga sih Prof..kalau banyak takutnya kan jadi serba salah ya. Hehee..

Prof Ngainun melanjutkan: "Jangan menulis sambil membaca dan diedit.  Itu bisa menjadi hambatan psikologis dalam menuangkan pikiran.  Nulis ya nulis aja.  Keluarkan apa yang ada dalam pikiran secara bebas.  Jika sudah selesai tinggalkan dulu.  Simpan di komputer.  Jangan dibaca dulu.  Cari suasana psikologis yang berbeda.  Misal nulis pagi, sore baru dibaca.  Cermati kalimat demi kalimat.  Tambahkan ide yang ada jika memang perlu ditambah.  Jika ada typo, perbaiki.  Sebelum mengunggah ke blog atau kompasiana dibaca ulang tulisannya.  Minimalkan hal yang tidak sesuai dengan keinginan.  Karena tulisan kita adalah jejak kita."

Prof menambahkan, satu lagi kunci menulis yang membuat menulis menjadi mudah, yaitu "MENULIS SECARA NGEMIL. Sedikit demi sedikit."

Siaaap Prof..meski resume saya malam ini sangat singkat karena rasa kantuk yang melanda, tapi semangat saya untuk menulis semoga tak pernah sirna.  

Terima kasih Prof..untuk ilmu dan motivasinya.

Komentar

  1. Padat berisi. Semoga kita sampai pads garis finish ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah..aamiin. Trimaksih sdh mampir ya bu..

      Hapus
  2. Mantap.

    Silakan berkunjung
    https://rambawani-menujucinta-nya.blogspot.com/2023/01/mari-menulis-manis.html

    BalasHapus
  3. Resume singkat sih. Namun mengalir, enak dibaca dan santai

    BalasHapus
  4. Judul yang menarik tapi saya kadang masih sulit merangkai kata-kata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat bu Samsinar..bersama kita Bisa💪🏻👍🏻insya Allah..

      Hapus
  5. Bisa nulis sambil ngopi dan santai. Wow luar biasa Bun. Dan tulisannya ok.

    BalasHapus
  6. Mantab bu. Saling berkunjung nggeh bu

    BalasHapus
  7. Tulisan yang keren, lanjut terus dan tetap semangat.

    BalasHapus
  8. Balasan
    1. Siap..terima kasih sudah mampir ya bu. Semangat buat kita semua👍🏻

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senangnya Menulis Pantun

Menulis Buku Nonfiksi. Sulit Ngga Ya?

Melejitkan Prestasi Dengan Menulis