Fungsi Blog Untuk Media Pembelajaran


Judul               : Fungsi Blog Untuk Media Pembelajaran

Resume Ke      : 5

Gelombang      : 28

Tanggal            : 18 Januari 2023

Tema                : Blog Sebagai Media Pembelajaran

Narasumber      : Dail Ma'ruf, M.Pd.

Moderator         : Purbaniasita KS, S.Pd.


Bismillah.

Mengikuti kegiatan pelatihan KBMN malam ini dengan ditemani segelas jus tomat dan bala-bala (bakwan) hangat sebagai amunisi agar mata tetap terjaga selama 2 jam ke depan.  Posisi duduk yang  bersandar pada sofabed membuat saya PW nih.  Posisi Wueenak..hehee.  Maka nikmat Tuhan yang mana lagi yang kamu dustakan? 

Bergabung di KBMN 28 mengenalkan saya dengan yang namanya Blog.  Blog buat saya sebagai penulis pemula adalah salah satu wadah untuk mencurahkan berbagai ide, pengetahuan, dan kisah yang bisa saya tulis kapan saja dan di mana saja (asal punya kuota internet ya). 

Blog ternyata bisa juga berfungsi sebagai media pembelajaran loh.  Apa iya? bagaimana caranya? Nah..materi kali ini akan disampaikan oleh Narasumber Hebat kita, Bapak Dail Ma'ruf, M.Pd. yang pernah menjadi moderator pada pertemuan pertama yang begitu menggoda. Iya..menggoda saya untuk rajin menulis setiap hari maksudnya. Bapak Dail Ma'ruf, M.Pd didampingi oleh ibu Purbaniasita KS, S.Pd sebagai moderator.  Pak Dail merupakan alumnus KBMN gelombang 20 dan bu Purbaniasita alumnus KBMN gelombang 26.  Keren-keren lah pokoke alumnus KBMN (angkat jempol).

Bu Purbaniasita (bu Sita) menyapa kami para peserta dengan pantun ucapan selamat datang: 

Pagi hari makan kelapa

Rasanya enak bikin tertawa

Kita disini telah berjumpa

Untuk acara yang istimewa

Sambil menunggu Pak Dail siap, beliau menambahkan sebuah pantun lagi:

Wanita jelita menjadi biduan

Bingung sejenak cari alamat

Selamat datang tuan dan puan

Semoga acara ini membawa manfaat

Aamiin bu..terima kasih untuk pantunnya.


Usai doa bersama sebagai acara pembuka, Pak Dail mulai menyampaikan materi.  Beliau mengawali dengan memberikan slide berikut yang dishare oleh bu Sita:



Pak Dail bercerita bahwa beliau pada waktu gabung di KBMN 20  1,5 tahun yang lalu belum punya Blog, tapi bermodal semangat ingin ikut KBMN selama 2,5 bulan atau 30 materi, beliau langsung japri Om Jay, pendiri KBMN, minta arahan bagaimana cara membuat Blog.  Waah..ternyata pengalaman bapak sama seperti saya dan teman-teman peserta lainnya barangkali ya.  Pak Dail melanjutkan: "Jangan minder apalagi putus asa--- dengan tekad dan niat belajar, dibarengi ketahan bantingan--- insya Allah akan hasil maksud --- bisa punya buku--- sebagai mahkota bagi penulisnya. Ingat pepatah yang mengatakan MAN JADDA WAJADA-- atau THERE ARE A WANT THERE ARE A WAY." 

Balik lagi ke materi bahwa Blog sama dengan medsos lainnya seperti FB, IG, Email , Tiktok, dan You Tube yang bisa kita gunakan untuk hal positif dan manfaat, diantaranya bagi guru, bisa dijadikan media pembelajaran yang efektif.  Kata “blog” berasal dari kata weblog yang diperkenalkan pertama kali pada 1998 oleh Jhon Barger.  Website yang bersifat pribadi dan sering diperbarui dari waktu ke waktu. Dengan kata lain, blog adalah website yang bersifat personal, yang memuat opini personal dan hal-hal lain untuk mengaktualisasikan diri dan mengabarkannya pada komunitas global.  




Melihat slide di atas..ternyata menjadi Bloger itu bisa berpenghasilan fantastis.  Nomor 1 bloger terkenal di Indonesia penghasilannya 21 juta. Woow.  "Moga salah satu dari 1.000 peserta kelak akan ada yang seperti Herman Yudiona dan Raditya Dika" ucap Pak Dail. Aamiin.

Bu moderator menampilkan slide berikutnya:




Pak Dail menjelaskan, Blog sebagai media sosial banyak jenisnya, antara lain: 

1. Blog Pendidikan.  

2. BlogSastra.

3. Blog Pribadi.  Ada Blog campuran/Blog gado-gado seperti Blognya Pak Dail karena tidak mengkhususkan untuk konten tertentu.





Pak Dail melanjutkan lagi tentang jenis Blog, yaitu: 

4. blog bertopik  misalnya khusus kuliner, atau Wisata.  

5. Blog Kesehatan saja misal yang di buat ahli Medis, Hallo dok, dll.  

6. Blog politik , ini banyak jelang 2024 dan tujuannya ya mengiklankan dirinya atau jagoannya ke Publik supaya dapat dukungan atau suara.  

7. Blog Perjalanan, misal jalan kemana saja di tayang di blog. 
 
8. Blog Riset , biasanya dimiliki pihak kampus atau lembaga penelitian lainnya.  Pak Dail pernah bekerja di LP3ES slipi. Katanya seru Riset dan Bukunya Keren dan mantap. Majalah Prisma namanya.  

9. Blog Hukum di buat para ahli hukum, Pengacara jaksa dan Hakim atau Polisi, ditujukan untuk sosialisasi aturan hukum atau advokasi. 

10. Blog Media artinya Blog berita. Memberitakan apa saja yang diliput wartawannya.  

11. Blog Agama : berisi masalah agama dan solusi dari penulis atau tokoh agama, bsa juga buka rubrik tanya jawab.  

12. Blog Bisnis, apapun bisnis kita maka diupoload di Blog detilnya, lalu link di kirim ke orang yang kita harapkan akan berminat . Bisa juga ke grup yang potensial banyak anggotanya.  


Minimal ada 5 manfaat dari Blog:




"Blog bisa sebagai rumah belajar bagi guru, media meringankan beban bagi guru,  bisa jadi media meningkatkan minat belajar murid, bisa berteman dengan semua manusia dimana saja, dan sebagai media silaturahmi seperti kompasiana. pembacanya ada di semua benua" ujar Pak Dail Ma'ruf.


"Guru besar kita, Om Jay, malah dapat berkah kehidupan dari istiqomah menulis di berbagai Blog--- bahkan jadi doktor pun dengan judul : Peran Blog kolaborasi dalam meningkatkan prestasi belajar murid" sambung Pak Dail.



Pak Dail mengatakan: "Dalam kesempatan ini saya juga berterima kasih kepada guru saya sewaktu materi yang sama : mayor Nani yang sangat menginspirasi.  Bukunya juga KEREN karena kisah nyata Bu mayor dari sejak sekolah masa kecil hingga berhasil jadi Mayor dan sukses insya Allah."

Selanjutnya Pak Dail mengajak para peserta untuk berkunjung ke Blog beliau yang digunakan sebagai Media Pembelajaran.  Selain itu, Pak Dail juga memberikan materi dalam bentuk power poin (PPT) untuk kami pelajari.  



Masya Allah..Keren Pisan Bapaaak..

Demikian informasi menarik dari bapak narasumber malam ini yang dapat saya rangkum.  Insya Allah sangat bermanfaat ilmunya pak.  Haturnuhun pisan yak..Barakallahu fiikum.  Terima kasih Pak Dail dan Bu Chita.  Sehat-sehat dan sukses selalu. Aamiin.

Komentar

  1. Mantap buu,lebih bagus diawal ada foto ibu dan jus tomatnya,biar kami makin ngilerrr wk

    BalasHapus
  2. menginspirasi bu..keren https://milmayasmi82.blogspot.com/2023/01/blog-yang-dirindukan.html mian yuk ke coretanku

    BalasHapus
  3. Lengkap banget Bu Deasy..
    Lanjutkan

    BalasHapus
  4. Semangat

    https://yamin19710813.blogspot.com/2023/01/blog-sebagai-media-pembelajaran.html

    BalasHapus
  5. menarik bun ,di tunngu tulisan selanjutnya ..mampir ke blog ku ya

    BalasHapus
  6. Terima kasih bapak ibu Hebat yang sudah berkunjung di blog saya🙏🏻

    BalasHapus
  7. Mantap bunda semoga tetap semangat menulis ya 💪

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senangnya Menulis Pantun

Menulis Buku Nonfiksi. Sulit Ngga Ya?

Melejitkan Prestasi Dengan Menulis